Perbedaan Antara Manusia Satu Dengan Manusia Lain

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Kita langsung aja yuk ke Pokok permasalahan yang akan saya bahas dan saya obrolkan yaitu untuk mengetahui perbedaan manusia satu dengan manusia yang lainnya.
perbedaan+manusia


Secara Religius..
Sudah pasti yang membedakan manusia itu ada pada aqidah dan tauhidnya..teori pertama ada yang menganggap bahwa setiap agama diciptakan oleh Tuhannya masing-masing..teori kedua ada juga yang bilang setiap agama itu diciptakan oleh 1 Tuhan..


Sekarang kita bicara pada teori pertama,,kenapa ada yang beranggapan seperti itu? sudah pasti orang yang beranggapan seperti itu,sangat percaya akan agamanya dan mereka percaya bahwa di bumi ini terdapat lebih dari 1 tuhan. kedua, mereka beranggapan bahwa 1 agama itu memiliki ajarannya masing-masing begitu pula dengan Tuhannya pula juga masing-masing. karena dengan lain Tuhan, lain pula ajaran yang diturunkan.
Lanjut teori kedua,,
ini adalah anggapan mayoritas bagi manusia..karena yang beranggapan seperti ini adalah orang-orang yang memiliki agama yg benar-benar turun dari langit(agama samawi) tapi jika kita melihat konteks keadaan sekarang, hanya tinggal 1 yang murni agama samawi, yaitu Islam..kedua agama lainnya yaitu nashrani dan yahudi. kedua agama ini memang benar diturunkan langsung dari langit. karena memiliki ciri-ciri yg sama dengan Islam yaitu memiliki Tuhan yang satu(ahad), memilki kitab yg diturunkan oleh Allah dan beradat istiadat yang semitik..tapi itu dulu sebelum adanya pengaruh-pengaruh yang membuat kedua agama ini tidak murni samawi. Islam, Nashrani dan yahudi, ketiga agama ini lah yang menganggap Tuhan itu satu(ahad).
Jika kita lihat..semua agama yang ada di muka bumi ini tidak ada yang mengajarkan tentang kemaslahatan..melainkan semua agama yang ada di bumi ini pasti mengajarkan tentang kebaikan(secara attitude).

Secara Universal..
Hal mendasar yang membedakan manusia dengan manusia lainnya adalah manusia jahat dan manusia baik..
Setiap manusia di dunia pasti memiliki kepercayaannya sendiri-sendiri entah dia animisme, dinamisme dan agamais..semuanya pasti berpedoman pada kepercayaanya..mungkin saja ada manusia yang percaya akan tumbuhan dan menuhankan tumbuhan dalam hidupnya dan dia percaya jika tumbuhan dapat memberkati kehidupannya..mungkin ada juga yang menuhankan salah satu binatang, sehingga dia pun percaya akan binatang dapat memberi keberkatan baginya.
Namun jika kita teliti lebih dalam lagi..semua manusia dengan kepercayaannya masing-masing itu pasti pernah berbuat yang dilarang oleh Tuhannya. tidak terlepas bagi manusia pemeluk agama yang mayoritas di muka bumi ini, yaitu islam kristen dan yahudi. Coba jika kita bayangkan kalau setiap manusia itu baik..akan adakah pertumpahan darah??jawabannya pasti tidak.
Coba kita instropeksi kembali..adakah seorang yahudi menolong nashrani atau Islam, adakah seorang nashrani menolong Islam atau yahudi, adakah seorang Islam menolong yahudi atau nashrani?? itu sudah pasti ada, tidak mungkin tidak ada.
lalu jika saya bertanya..adakah seorang Islam membunuh sesamanya, adakah seorang nashrani membunuh sesamanya, adakah seorang yahudi membunuh sesamanya?? dan jawaban itupun pasti ada, dan tidak mungkin tidak terjadi..
Dan kesimpulan dari Obrolan saya ini adalah..bagi seorang Islam nashrani yahudi hindu budha shinto konghucu ateisme dinamisme dll..semuanya itu tetap manusia yg memiliki akal dan hati. dan yang membedakan diantara kita ini adalah sifat kita sendiri, kita ini manusia jahat atau manusia baik??
Jika kita telah mengetahui perbedaan antara manusia jahat dan manusia baik..maka kita juga harus mengetaui batasan masing-masing oleh Allah sesuai tauhid dan aqidahnya..
Terimakasih sudah mau mampir di blog saya
.. semoga Obrolan ini bermanfaat bagi semua.

salam semua dari Fajar..

Comments

Popular posts from this blog

Masjid Raya Asmaul Husna Gading Serpong

Software Pendukung Untuk Belajar Pemrograman Java

Hunting Foto di Taman Bunga Nusantara